berita politik tentang prabowo subianto humanis, tegas, berani

Profil Jeje Wiradinata: Dari Bupati Dua Periode hingga Calon Gubernur Jabar 2024

Profil Jeje Wiradinata: Dari Bupati Dua Periode hingga Calon Gubernur Jabar 2024

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, menjadi sorotan dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat 2024. Nama Jeje muncul secara mendadak saat pendaftaran terakhir ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Jeje muncul dalam pendaftaran sebagai Bakal Calon Gubernur (Bacagub) pada menit terakhir pendaftaran ke KPU Jawa Barat. Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja didaftarkan sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur dalam Pilkada 2024.

Keputusan mengejutkan tersebut dibuat oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan saat akan mendaftar ke KPU. Meskipun sebelumnya diperkirakan nama Ono Surono akan didaftarkan sebagai Bacagub, namun pada menit terakhir keputusannya berubah.

Jeje memiliki kiprah yang cukup cemerlang dalam dunia politik. Namanya dikenal sebagai seorang anak nelayan yang menjadi politisi di daerahnya. Ia menjabat sebagai Ketua Koperasi Nelayan (KUD) Minasari di Pangandaran sejak tahun 2014 hingga sekarang.

Ketika muncul sebagai Bacagub Jawa Barat 2024, namanya sudah menjadi perbincangan ketika disebut sebagai calon Wakil Gubernur beberapa waktu sebelumnya.

Jeje tidak asing lagi dalam dunia politik. Sebagai politisi PDI Perjuangan, ia sudah menjabat sebagai Bupati Pangandaran selama dua periode.

Jeje Wiradinata dinilai sukses dalam karir politiknya. Sejak menjadi Ketua PAC PDI Perjuangan tahun 1999, ia menjadi anggota DPRD Ciamis selama periode 1999-2004 dan terpilih kembali sebagai anggota DPRD Ciamis 2004-2009.

Selanjutnya, Jeje ikut dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Ciamis tahun 2014 sebagai Wakil Bupati mendampingi Iing Syam Arifin sebagai Bupati. Pasangan Iing-Jeje berhasil memenangkan Pilkada Kabupaten Ciamis 2014 dengan suara terbanyak.

Berikutnya, Iing-Jeje terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Ciamis periode 2014-2019. Jeje kemudian mencalonkan diri sebagai Bupati Pangandaran dalam Pilkada 2015 bersama H. Adang Hadari.

Pada Pilkada 2015, Jeje memenangkan pemilihan Bacabup bersama Adang Hadari, dan terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2020. Jeje kemudian terpilih kembali sebagai Bupati Pangandaran periode 2020-2024.

Jeje meraih suara terbanyak dalam Pilkada Pangandaran 2020 bersama dengan pasangannya Ujang Endin Indrawan. Jeje-Ujang berhasil terpilih kembali sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran periode 2021-2024.

Jeje mengonfirmasi bahwa dirinya akan mencalonkan diri sebagai Bacagub Jawa Barat. Keputusan ini diambil setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi.

Sebagai seorang kader partai, Jeje akan melaksanakan tugas yang diberikan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan. Jeje juga menyatakan bahwa ia diberikan dua opsi oleh DPP PDI Perjuangan dalam Pilkada Jabar 2024, sebagai Bacagub atau Cagub.

Jeje beranggapan bahwa maju sebagai Calon Gubernur bukan sekadar untuk mencari jabatan, melainkan sebagai tanggung jawab dan respons terhadap kondisi demokrasi saat ini. Bagi Jeje, hal ini merupakan bentuk jihad untuk menjaga demokrasi Indonesia.

Source link