berita politik tentang prabowo subianto humanis, tegas, berani
Berita  

Kodim Cilacap Menanam 1.500 Pohon Cemara Laut di Pantai Teluk Penyu untuk Mengatasi Abrasi

Kodim Cilacap Menanam 1.500 Pohon Cemara Laut di Pantai Teluk Penyu untuk Mengatasi Abrasi
Berita

Aksi menanam pohon di Pantai Teluk Penyu Cilacap oleh Kodim Cilacap, Unsur Forkopimda Cilacap, dan lainnya. (Foto: Galih/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, CILACAP – Sebanyak 1.500 bibit pohon cemara laut ditanam di kawasan Pantai Teluk Penyu Cilacap. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya abrasi.

Aksi penanaman pohon ini dilakukan oleh TNI dari Kodim 0703/Cilacap bersama unsur Forkopimda Cilacap, pimpinan BUMN dan BUMD, organisasi masyarakat, pelajar, dan lainnya, pada Jumat (27/9/2024).

Pada kesempatan tersebut, membersihkan pantai juga dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Kodim 0703/Cilacap dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Ini adalah wujud TNI bersatu dengan rakyat, serta bukti konkret cinta terhadap alam sebagai salah satu tugas Kodim Cilacap dalam menjaga kelestarian alam,” kata Dandim Cilacap Letkol Inf Andi Yuliazi.

“Selain itu, juga mensosialisasikan kepada masyarakat agar saling menjaga keindahan alam,” tambahnya.

Aksi penanaman ini merupakan upaya penghijauan kembali di kawasan pesisir.

“Terdapat banyak manfaat dari penghijauan, seperti untuk mengantisipasi abrasi, gelombang pasang, mengurangi dampak pemanasan global, serta mengantisipasi bencana lainnya. Oleh karena itu, kami melakukan penanaman ini,” ujar Andi.

“Saya berharap apa yang kita tanam saat ini dapat selalu dirawat agar dapat tumbuh dengan baik dan memberikan manfaat bagi anak cucu dan generasi mendatang,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Andi mengajak seluruh masyarakat untuk peduli terhadap alam sekitar, bukan hanya di pantai, tetapi juga di berbagai tempat. “Jika kita mencintai alam, maka alam akan mencintai kita,” kata Dandim.

“Pada momen ini, kami juga mengajak siswa-siswi untuk ikut serta berpartisipasi sebagai sarana edukasi sejak dini tentang pentingnya melestarikan alam,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Exit mobile version