berita politik tentang prabowo subianto humanis, tegas, berani
Berita  

Bawaslu Jombang Sambut Baik Peluncuran Rumah Data: Mempermudah Akses Pelaporan Digital Pengawas Pemilu

Bawaslu Jombang Sambut Baik Peluncuran Rumah Data: Mempermudah Akses Pelaporan Digital Pengawas Pemilu

Ketua Bawaslu Jatim A.Warist bersama Komisioner Bawaslu Jatim dan undangan melakukan peluncuran rumah data Bawaslu Jatim di Hotel Empire Palace Surabaya pada Rabu (14/8/2024). (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, JOMBANG – Bawaslu Kabupaten Jombang memberikan apresiasi terhadap peluncuran aplikasi rumah data oleh Bawaslu Provinsi Jawa Timur. Aplikasi tersebut bertujuan untuk mempermudah akses pelaporan digital bagi pengawas Pemilu, serta memperkuat peningkatan kualitas pengawasan proses Pilkada serentak 2024.

Acara tersebut di Hotel Empire Palace Surabaya pada Rabu (14/8/2024) dihadiri oleh 4.477 peserta, termasuk Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), 176 Bawaslu Kabupaten/Kota, 1.998 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), 1.998 Sekretariat Panwascam, wartawan, dan pemantau pemilu di Jawa Timur.

Ketua Bawaslu Jatim A. Warits menyampaikan bahwa rumah data ini sebelumnya digunakan pada Pemilu 2024 untuk menyimpan Formulir A, dan akan dikembangkan untuk menyimpan hasil pengawasan selama hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024, termasuk mendokumentasikan C-hasil, kejadian khusus, daftar hadir, dan foto KTP EL DPK di TPS.

Ketua Bawaslu Kabupaten Jombang Dafid Budiyanto menyatakan kesiapan pihaknya dan jajaran untuk mensukseskan pengawasan Pemilu, khususnya Pilkada 2024 di Kabupaten Jombang melalui rumah data yang telah diluncurkan oleh Bawaslu Jatim. Dafid mengatakan bahwa rumah data Bawaslu Provinsi Jawa Timur menjadi penyimpanan data bagi pengawas Tempat Pemungutan Suara, Pengawas Kelurahan dan Desa, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan, dan Bawaslu Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Humas, dan Parmas Bawaslu Jombang, Jagad Putra Dona menambahkan bahwa rumah data ini juga mempermudah persiapan data untuk Perselisihan Hasil Pemilihan di masa mendatang, namun perlu memperhatikan keamanan data agar tidak terjadi kebocoran informasi. Rumah data ini juga akan terkoneksi dengan website Bawaslu Jawa Timur untuk pertanggungjawaban dan keterbukaan informasi kepada publik.

Exit mobile version