berita politik tentang prabowo subianto humanis, tegas, berani
Berita  

48 Sapi Karapan dari Se-Sumenep Memamerkan Kecepatan di Bluto Menyambut Piala Presiden 2024

48 Sapi Karapan dari Se-Sumenep Memamerkan Kecepatan di Bluto Menyambut Piala Presiden 2024
Berita

Karapan sapi di lapangan Bluto, Sumenep. (Foto: Wildan/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, SUMENEP– Menyambut Piala Presiden 2024, sebanyak 48 sapi karapan se-Kabupaten Sumenep unjuk kebolehan di lapangan Bluto, Rabu (14/08/2024). 

Ketua Pelaksana Karapan Sapi Sumenep Bullrace Championship, Candra Wijaya menjelaskan, puluhan sapi kerap tersebut berasal dari wilayah daratan dan kepulauan di Sumenep. 

Para sapi jagoan daerah masing-masing itu, kata dia, akan adu kecepatan di arena sepanjang 210 meter. 

Dia menjelaskan, sistem lomba dalam karapan sapi kali ini dibagi menjadi dua golongan, yakni tiga golongan menang atas dan tiga golongan menang bawah. 

Dari seluruh peserta yang berpartisipasi nantinya akan diambil tiga juara menang atas dan tiga juara menang bawah, untuk melaju ke babak final. 

“Enam pasang sapi itu berhak melaju ke babak final untuk memperebutkan juara 1, 2, 3 menang atas, serta juara 1, 2, 3 golongan menang bawah,” jelasnya. 

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Sumenep Edy Rasiyadi mengungkapkan, selain menjadi upaya pelestarian budaya pagelaran tersebut juga sebagai ajang persahabatan antar penggemar sapi karapan di ujung timur pulau Madura ini. 

Menurutnya, Sumenep merupakan daerah pencetak bibit sapi karapan terbanyak. Dan menjadi salah satu daerah yang terus komitmen dalam pelestariannya.

“Patut kita banggakan Sumenep sebagai pencetak bibit sapi karapan. Oleh karena itu, harus dijaga dan dilestarikan bersama-sama,” ujarnya.  

Ia berharap seluruh pihak, tetap menjaga kondusifitas serta sportifitas menuju Piala Presiden 2025. Serta membuktikan, bahwa karapan sapi Sumenep bisa jadi yang terbaik. 

“Buktikan jika sapi karapan Sumenep terbaik,” ucapnya. 

Sekedar diinformasikan, gelaran tersebut juga menjadi langkah Pemkab Sumenep dalam mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar. 

Pasalnya, puluhan UMKM juga terpantau berjejer memenuhi luar area lapangan karapan. 

“Ini juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di kabupaten Sumenep,” tutupnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Exit mobile version