berita politik tentang prabowo subianto humanis, tegas, berani
Berita  

Tugu Keris Sumenep akan Diberi Rest Area Berbelanja dan Edukasi

Tugu Keris Sumenep akan Diberi Rest Area Berbelanja dan Edukasi

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, dalam acara jamasan keris. Foto: Istimewa.

SUARA INDONESIA, SUMENEP- Monumen tugu keris di Kabupaten Sumenep yang sedang dalam masa penggarapan, rencananya bakal dilengkapi dengan rest area dan galeri kekayaan potensi Sumenep.

Galeri tersebut, nantinya akan diisi dengan berbagai produk unggulan, menggambarkan sejumlah potensi dan kekayaan yang dimiliki Sumenep. Baik seni, budaya, kuliner, hingga wisata.

Tentunya, tak luput kesenian khas andalan Bumi Sumekar, seperti keris, ukiran, batik dan beberapa lainnya.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menyatakan, tidak sekedar bisa melihat dan berbelanja produk, akan tetapi masyarakat yang melintas di rest area tugu keris, nantinya bisa sekaligus mempelajari dan mengetahui simbol-simbol kekayaan atau potensi yang dimiliki oleh Sumenep.

Menurutnya, setiap produk yang dipajang di galeri tersebut, juga akan dilengkapi dengan deskripsi lengkap mengenai sejarah, filosofi, proses pembuatan, lokasi pusat pembuatan dan berbagai hal yang berhubungan dengan produk.

“Nanti kita lengkapi dengan galeri keris, ukiran kayu, batik dan beberapa produk khas Sumenep. Ada deskripsi lengkap tentang sejarah, juga proses pembuatan produknya. Sehingga ini akan menjadi edukasi juga masyarakat yang berkunjung,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk produk yang didisplay di galeri dipastikan akan didatangkan langsung dari wilayah asalnya.

“Kalau keris, kita datangkan langsung dari Desa Aeng Tongtong, ukiran kayu kita datangkan langsung dari Desa Karduluk, batik dan produk lainnya juga begitu,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dalam merealisasikan hal tersebut, Bupati Fauzi mendorong BUMDes dan pelaku UMKM untuk memaksimalkan produk yang dimiliki, agar bisa dipajang di galeri rest area.

Ia menjelaskan, untuk lahan rest area dan galeri produk tersebut diperkirakan memiliki luas sekitar satu setengah hektar. Lahan itu, kata dia merupakan milik BUMDes Sendeng. Sementara Pemkab Sumenep, bertugas untuk mencarikan sponsor.

“Tahun ini tugu keris selesai,” tutup Bupati Fauzi.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta: Wildan Mukhlishah Sy

Editor: Mahrus Sholih

Exit mobile version