berita politik tentang prabowo subianto humanis, tegas, berani

Mengevaluasi Potensi PKB Pangandaran untuk Pilkada 2024

Mengevaluasi Potensi PKB Pangandaran untuk Pilkada 2024

DAILYPANGANDARAN – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pangandaran membuka penjaringan Bakal Calon Bupati (Bacabup) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Namun, PKB Pangandaran yang memiliki 5 kursi di DPRD tentu belum bisa melakukan pencalonan hanya dari 1 partai saja.

Partai bernuansa hijau tersebut harus berkoalisi dengan partai lain untuk mendapatkan 20% kursi dari 40 kursi yang ada sebagai salah satu syarat untuk mengusung Bacabup sendiri.

Partai yang dipimpin oleh Cak Imin ini merupakan salah satu partai oposisi terhadap pemerintah Kabupaten Pangandaran sejak Pilkada lima tahun yang lalu. Pada tahun 2020, PKB mengusung mantan Wakil Bupati Pangandaran Adang Hadari (alm) dan Supratman (tokoh pemekaran) atau Aman.

PKB yang berkoalisi dengan Golkar kalah tipis pada saat itu ketika melawan incumbent pasangan Jeje Wiradinata dan Ujang Endin Indrawan (Juara).

Dalam hasil Pilkada 2024 Pangandaran, pasangan nomor urut 1 Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan (Juara) berhasil keluar sebagai pemenang. Namun, selisih perolehan suara antara pasangan Juara dan pasangan Aman (Adang Hadari-Supratman) hanya terpaut 9.965 suara.

Meskipun pasangan Juara berhasil memenangkan Pilkada, namun perbedaan suara dengan pasangan Aman (Adang Hadari-Supratman) sangat tipis. Waktu itu, pasangan Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan berhasil meraih suara terbanyak dengan 138.152 suara, sementara pasangan Adang Hadari-Supratman meraih 128.187 suara.

Pada saat itu, PKB hanya berkoalisi dengan Golkar, sementara PDI Perjuangan memiliki koalisi yang lebih besar dengan PPP, PKS, PAN, Gerindra, dan Perindo.

Ketua DPC PKB Pangandaran, Otang Tarlian mengatakan bahwa partai PKB sangat terbuka untuk berkoalisi dengan partai lain. Otang mengungkapkan bahwa komunikasi politik yang baik telah terjalin dengan PAN dan Golkar.

Otang menyatakan bahwa PKB siap berkoalisi dengan partai lain dalam menghadapi Pilkada 2024 Pangandaran.

Adapun terkait penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran untuk PKB telah dibuka mulai 24 April hingga 4 Mei 2024. Otang menyebut bahwa hingga saat ini sudah ada 2 tokoh yang mendaftar sebagai Bacabup.

Selain itu, dari kalangan tokoh masyarakat, Otang juga mengungkapkan bahwa tokoh dari Nahdlatul Ulama (NU) di Pangandaran juga dikabarkan masuk dalam radar Bacabup dari PKB.

Sumber link

Source link

Exit mobile version