berita politik tentang prabowo subianto humanis, tegas, berani
Berita  

Rofik Hananto bersama Kementerian ESDM Salurkan Bantuan Pemasangan Listrik Gratis di Purbalingga

Rofik Hananto bersama Kementerian ESDM Salurkan Bantuan Pemasangan Listrik Gratis di Purbalingga
Berita
Rofik Hananto Bersama Kementerian ESDM Salurkan Bantuan Pasang Baru Listrik Gratis di Purbalingga

Rofik Hananto saat memberikan bantuan pasang listrik secara gratis kepada warga Desa Losari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Sabtu (14/9/2024). (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, PURBALINGGA – Anggota DPR RI Komisi VII Rofik Hananto bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyalurkan bantuan pasang baru listrik di Desa Losari, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Sabtu (14/9/2024).

Kementerian ESDM, Ainul Wafa mengatakan, program ini meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang tidak mampu, untuk mendapatkan bantuan pasang listrik secara gratis dan tidak dipungut biaya apapun.

Sebanyak 12.983 rumah tangga di Jawa Tengah menjadi sasaran bantuan pasang baru listrik (BPBL) tahun 2024, salah satunya bantuan di Kabupaten Purbalingga.

Dalam menjalankan program ini, Kementerian ESDM menugaskan PT PLN (Persero) untuk melaksanakan kegiatan pengadaan dan pemasangan BPBL. Program BPBL adalah kegiatan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan yang didukung sepenuhnya oleh Komisi VII DPR RI.

“Penerima BPBL adalah rumah tangga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berdomisili di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T), dan/atau layak menerima BPBL berdasarkan validasi kepala desa/lurah atau pejabat yang setara,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Rofik Hananto mengungkapkan, bantuan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masyarakat yang masih bergantung pada listrik dari tetangga. Program BPBL membuat masyarakat dapat menikmati listrik secara mandiri.

“Listrik mandiri memiliki banyak manfaat terutama di Desa Losari yang merupakan pusat bisnis, dimana sebagian besar masyarakatnya adalah pengusaha. Listrik yang terjamin dan andal, pasti akan memberikan dampak positif bagi masyarakat,” ujar Rofik.

Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Purbalingga, Gunanto Eko Saputro berharap, program BPBL ini dapat mengurangi penyambungan listrik ilegal, khususnya di Kabupaten Purbalingga.

“Kami berharap program ini signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk dalam pengembangan UMKM,” ujarnya.

Salah satu penerima manfaat, Narto (51), menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan pasang listrik baru di rumahnya.

“Sekarang sudah nyaman memiliki listrik sendiri dan tidak perlu lagi mengandalkan rumah tetangga,” katanya. (*)

ยป Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Iwan Setiawan
Editor : Mahrus Sholih