berita politik tentang prabowo subianto humanis, tegas, berani
Berita  

Dieng Culture Festival Dibanjiri Peserta Kontes Domba yang Menggemaskan

Dieng Culture Festival Dibanjiri Peserta Kontes Domba yang Menggemaskan

Sebanyak 50 domba saat mengikuti kontes Domba Batur di acara DCF 2024, Jumat (23/8/2024). (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, BANJARNEGARA- Setelah absen pada 2023 lalu karena penataan kawasan di Dataran Tinggi Dieng. Dieng Culture Festival (DCF) 2024 di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, kembali menghadirkan beragam acara yang menarik perhatian wisatawan.

Salah satu yang menjadi pusat perhatian adalah Kontes Domba Batur yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang memadati parkiran objek wisata Candi Arjuna.

Dalam acara ini, domba-domba Batur dihias dengan berbagai busana lucu dan unik. Wisatawan pun antusias berfoto bersama domba-domba yang tampil menggemaskan tersebut.

Domba Batur dikenal dengan ukuran tubuh yang besar dan berbobot mencapai 100 kilogram, serta keindahan bulu manambah gemas para pengunjung untuk sekadar memberi makan dengan sayur wortel.

Wisatawan asal Jakarta, Nida mengaku senang bisa hadir di acara DCF 2024 di Kabupaten Banjarnegara, hingga berkesempatan berfoto dan menggendong domba Batur.

“Domba Batur sangat menggemaskan dan jinak dengan manusia, selain bentuk dan bulunya lucu seperti boneka, ternyata harganya juga sangat mahal hingga mencapai Rp 50 juta,” katanya, Jumat (23/8/2024).

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Banjarnegara, Firman Sapta Adi mengatakan, kontes Domba Batur ini pertama kali digelar di acara DCF. Menurutnya hal ini untuk memperkenalkan Domba Batur ke masyarakat luas.

“Festival Domba Batur ini bertujuan untuk memperkenalkan domba Batur di acara DCF. Saat ini, populasi domba Batur telah mencapai 10 ribu ekor dan tersebar di kecamatan meliputi Batur, Pejawaran dan Wanayasa,” pungkasnya.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta: Iwan Setiawan

Editor: Mahrus Sholih

Exit mobile version